Panduan Web Hosting (2020)

Last Updated 0 Comments

Panduan ini dibuat untuk membantu Anda dalam memahami lebih lanjut akan seputar web hosting. Tidak ada batasan usia dan pengalaman untuk mendapatkan informasi seputar web hosting (tidak hanya untuk pemula).

web hosting

Era digital kini semakin maraknya para pengguna beranjak untuk menggunakan media online sebagai salah satu upaya dalam melakukan promosi ataupun penjualan suatu produk.

Keterbatasan dalam hal teknis (berhubungan dengan membuat dan mengelola suatu website) menjadi salah satu alasan mengapa masih banyaknya para pengguna yang hanya menggunakan media sosial seperti facebook ataupun instagram sebagai halaman portfolio yang sekaligus menjadi media untuk promosi dan penjualan suatu produk ataupun jasa.

Website merupakan suatu media yang juga dapat digunakan untuk melakukan aktivitas seperti diatas, bahkan bisa jauh lebih baik alias bisa menjadi prioritas dalam skala tertentu.

Sedangkan untuk membuat sebuah website, maka pertama-tama yang dibutuhkan adalah domain, web hosting, dan juga platform (media yang digunakan untuk membuat dan mengelola suatu website).

Pada halaman ini akan fokus pada pembahasan seputar web hosting, guna untuk membantu Anda dalam memahami lebih lanjut akan pengertian, cara kerja, jenis web hosting, dan lain sebagainya seputar web hosting.

Pentingnya Memahami Web Hosting

Tujuan utama panduan hosting ini dibuat untuk memudahkan Anda untuk memahami apa itu web hosting, apa fungsinya, bagaimana cara kerjanya, apa saja jenis web hosting, dan juga bagaimana cara memilih web hosting yang tepat.

Dengan begitu diharapkan Anda dapat memulai atau beranjak ke media online dengan mudah, khususnya yang menggunakan media pribadi seperti website, aplikasi, dan sejenisnya. Salah satu hal yang bisa dianggap paling penting adalah hindari pemilihan web hosting yang tidak tepat atau kurang sesuai dengan kebutuhan Anda saat ini.

Pengertian Hosting

Apa itu hosting? Hosting atau biasa disebut juga dengan web hosting adalah suatu wadah atau tempat untuk menyimpan data yang diperlukan sebuah blog atau website sehingga dapat diakses melalui internet. Data yang dimaksud bisa berupa gambar, teks, email, database, dan lain sebagainya.

Hosting bisa kita dapatkan melalui 2 cara, yaitu dengan menggunakan komputer atau server sendiri atau melalui sewa hosting atau server yang ditawarkan oleh pihak penyedia layanan hosting. Sehubungan dengan sulitnya dan mahalnya jikalau memakai hosting dengan menggunakan komputer atau server pribadi maka Saya sarankan untuk melakukan sewa hosting saja.

Jika diibaratkan web hosting sama seperti toko atau kios di sebuah mall. Manajemen mall adalah pihak yang menyewakan ruangan dan fasilitas lainnya. Setiap kios pengelolanya berbeda, dekorasinyapun berbeda dan cara kerjanya tergantung caranya sendiri.

Sama halnya dengan pihak penyedia layanan hosting yang memiliki kualitas yang berbeda, ada yang bagus dan ada juga yang tidak bagus. Tidak sedikit permasalahan sebuah situs mulai muncul diakibatkan sebuah hosting yang tidak stabil, mulai dari susah atau terlalu lama dilakukan akses, sering mengalami trouble, atau bahkan sebuah situs sama sekali tidak bisa diakses (blank).

Artinya, pemilik situs harus berpikir dewasa yang mana dalam menentukan pihak penyedia layanan hosting haruslah yang memiliki kualitas yang bagus, biaya sewa hosting yang kompetitif, dan juga layanan support yang diberikan haruslah memadai.

Fungsi Hosting

Fungsi web hosting memberikan manfaat dan banyak peranan pada era digital sekarang ini. Dengan menggunakan web hosting, sebuah situs dapat online dan dapat diakses kapanpun dan dimanapun.

Yang harus dipikirkan adalah kualitas dan fitur dari web hosting, berapa kapasitas penyimpanan data yang disediakan oleh hosting bersangkutan, dan juga seberapa baik layanan support yang dapat membantu kita ketika memiliki sebuah masalah pada situs kita.

Selain itu ada satu hal lagi yang perlu diketahui bahwasanya penyedia layanan hosting umumnya memberikan layanan hosting dengan bandwidth unlimited, sebenarnya ini bukan benar-benar unlimited namun hanya sebatas kata-kata pemanis yang digunakan untuk promosi yang arti benarnya adalah besaran bandwidth akan tersedia hingga batasan atau limit bandwidth yang berada pada server tersebut.

Cara Kerja Web Hosting

Apabila Anda berniat untuk membeli hosting, ketahui juga bagaimana cara kerjanya. Saat Anda mengakses sebuah website, baik menggunakan IP Address atau nama domain pada browser Anda yang menggunakan network protokol HTTP. Setelah Anda ketik nama domain sebuah situs pada bar address browser lalu Anda menekan enter maka perintah dari browser akan diteruskan internet ke jaringan server hosting untuk dieksekusi sesuai dengan permintaan. Hasilnya akan muncul tampilan berupa tulisan, gambar, audio atau video dari website yang Anda akses pada browser yang digunakan.

cara kerja hosting

Dengan demikian Anda bisa melihat tampilan secara visual melalui browser Anda, sama halnya dengan halaman yang Anda baca sekarang ini yang mana semua data yang Anda lihat secara visual pada browser Anda adalah data yang telah dimuat dan ditampilan melalui hosting Saya.

Jenis Web Hosting yang Perlu Anda Ketahui

Penting untuk memahami jenis web hosting yang beredar di pasaran, dengan begitu maka diharapkan Anda dapat memilih web hosting yang sesuai dengan kebutuhan website Anda. Secara garis besar, jenis hosting dapat menggambarkan skala atas penggunaan atau kebutuhan saat ini. Mengenai adanya peningkatan kebutuhan maka bisa melakukan upgrade ke jenis hosting selanjutnya (lebih powerful).

a. Shared Hosting

Shared hosting adalah salah satu jenis hosting yang berbayar. Bagi Anda yang memiliki dana minim, maka shared hosting merupakan pilihan yang tepat. Pasalnya, layanan ini ditawarkan dengan harga yang sangat terjangkau.

Shared hosting akan menempatkan beberapa situs website pada server yang sama, dimana sumber daya suatu server (CPU, RAM, dan lain-lain) akan terbagi-bagi untuk semua website yang masuk kedalam server tersebut.

b. Virtual Private Server (VPS)

VPS sebenarnya hampir sama dengan jenis shared hosting. Hanya saja, sumber daya yang digunakan lebih tinggi. Dengan menggunakan jenis hosting yang satu ini, maka klien bisa menggunakan seluruh sumber daya sekaligus menginstall aplikasi yang ada tanpa harus membaginya dengan klien lain. VPS sangat cocok untuk Anda yang memiliki website dengan skala menengah ke atas.

c. Cloud Hosting

Cloud hosting adalah layanan hosting yang terintegrasi dengan beberapa server, sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi dengan kinerja sebuah hosting yang memiliki basis cloud karena dengan adanya integrasi atau saling berhubungan antara 1 server dengan server yang lain maka ketika terdapat 1 server yang sedang down maka akan ditompang/dibantu dengan server lainnya untuk menjaga situs Anda tetap online.

Tidak hanya berfokus pada kestabilan suatu server namun juga membantu situs Anda lebih cepat diakses oleh user, umumnya cloud hosting memiliki beberapa server yang tersebar diberbagai daerah atau bahkan negara.

d. Dedicated dan Colocation Server

Kedua server tersebut sebenarnya merupakan jenis server yang sama, perbedaannya terletak pada komponen hardware. Pada dedicated server untuk komponen hardware akan didapat dengan menyewa dari data center sedangkan colocation server mengenai kebutuhan hardware, software, dan lain sebagainya adalah modal sendiri, lalu akan diletakkan pada data center untuk dikelola dan dirawat.

Hal Lainnya Yang Berkaitan Dengan Web Hosting

Disk Space (Storage)

Disk space merupakan kapasitas hosting yang disediakan untuk menyimpan semua file data suatu website. Besaran kapasitas hosting yang diberikan umumnya bergantung pada paket hosting yang dipilih, semaki tinggi paket hosting yang dipilih maka akan mendapatkan disk storage yang lebih besar.

Adapun istilah unlimited disk space yang sering kali kita jumpai ketika hendak memilih web hosting, hal tersebut bukanlah benar-benar unlimited hanya saja benar-benar tidak diketahui berapa pastinya jumlah kapasitas hosting yang diberikan.

Bandwidth

Istilah bandwidth sangat sering kita jumpai dalam berbagai hal, namun untuk yang berkaitan dengan web hosting merupakan besaran kapasitas transfer data yang dapat digunakan untuk menjalankan aktivitas suatu website (request, response, download, dan upload).

Sama halnya dengan disk space diatas, sering kali juga dijumpai dengan istilah unlimited bandwidth yang sekiranya hal tersebut belum tentu benar-benar unlimited (tanpa batas). Semua istilah unlimited muncul dengan asumsi hal tersebut akan cukup memenuhi kebutuhan website Anda, ya namanya juga asumsi (bahasa promo) bisa benar atau salah dan kuncinya hanya tepat dalam memilih paket hosting yang sesuai dengan kebutuhan.

Lihat Selengkapnya: Apa itu Bandwidth?

Domain

Domain adalah alamat situs yang digunakan untuk mengakses sebuah website. Adapun keterkaitan antara domain dan web hosting, yang mana kedua hal tersebut saling terhubung satu sama lain. Domain berfungsi untuk mengakses sebuah web hosting, sedangkan web hosting bertujuan untuk mengantarkan data kepada para pengakses sehingga dapat muncul dihalaman browser (mudahnya seperti itu).

Lihat Selengkapnya: Apa itu Domain?

DNS (Domain Name System)

DNS merupakan singkatan dari Domain Name System. Istilah ini merujuk pada suatu sistem yang memiliki fungsi untuk merubah sebuah URL situs atau website sehingga menjadi IP Address. Jika tidak ada DNS, pengguna internet harus mengetik atau menulis IP Address dengan lengkap. Ketika ada satu saja yang terlewatkan, website internet tidak akan bisa dibuka.

Lihat Selengkapnya: Apa itu DNS?

NS atau Nameserver

Nameserver merupakan suatu server atau database. Di dalamnya tersimpan IP Address dan Domain Name. Nameserver atau NS ini biasanya memiliki server yang jumlahnya lebih dari satu. Seperti NS1, NS2, NS3 dan seterusnya. Pada umumnya server ini disebut sebagai Clustered DNSI Load Balancing DNS. Sedangkan DNS sendiri, merupakan singkatan dari Domain Name system.

Lihat Selengkapnya: Apa itu Nameserver?

IP Address

IP Address merupakan sebuah perangkat yang dirancang secara khusus agar setiap komputer dan perabot gadget lain seperti smartphone bisa terhubung dengan jaringan internet. Bentuknya deretan atau susunan angka. Masing-masing angka ini tidak sama pada setiap perabot dan bisa digunakan untuk berkomunikasi.

Lihat Selengkapnya: Apa itu IP Address?

Webmail

Web Email alias Webmail adalah suatu layanan email yang ada di channel website dan bisa diakses melalui browser seperti Opera, Google Chrome, Mozilla Firefox, dan sebagainya. Webmail ini merupakan salah satu kategori website atau klien email dan memakai halaman di website untuk media mengelola surat elektronik atau email.

Lihat Selengkapnya: Apa itu Webmail? Progress ...
Belum Ada Komentar
Formulir Komentar
Bantu kami dalam menilai kualitas dari artikel atau panduan diatas.