Apa Itu Domain?

Last Updated 0 Comments

Banyak dari kalian semua yang telah mengetahui apa itu domain? Pada halaman ini akan dijelaskan kembali lebih detail mengenai domain sekaligus keterkaitannya dengan web hosting.

domain

Di zaman yang serba modern ini, internet adalah bagian yang sangat lekat dengan kehidupan masyarakat sekarang. Hampir semua orang mencari informasi melalui internet. Bahkan tak sedikit pula yang menggunakan media online untuk berjualan. Blog atau website adalah media online yang seringkali dipilih oleh masyarakat untuk mencari informasi di internet. Dalam pembuatan website, Anda akan menjumpai istilah domain.

Mengibaratkan sebuah tempat tinggal (rumah) maka diperlukan suatu alamat untuk dapat menemukan rumah tersebut. Pada umumnya, untuk dapat menentukan suatu titik lokasi secara geografi (peta) dengan menggunakan suatu koordinat, misalnya saja: 106 derajat 42 menit 32 detik lintang utara (adalah titik lokasi rumah kita jikalau dipandang dari sudut peta). Namun hal tersebut sangatlah susah untuk mengingat ataupun memperhitungkan titik lokasi rumah.

Logika ini sama halnya dengan sebuah domain (nama domain) yang merupakan sebuah alamat situs yang dapat kita akses, namun taukah Anda bahwasanya domain merupakan sederetan angka atau disebut dengan IP Address yaitu sederetan angka yang terdiri dari 4 bagian yang mana masing-masing bagian dipisahkan dengan tanda titik (.) dan juga memiliki rentang nilai dari 0 sampai 255.

Lebih mudahnya akan Saya berikan contoh bahwasanya https://ulasanhosting.com/ sama dengan IP Address http://105.25.85.167, kedua alamat tersebut adalah sama namun beda pelafalan. Jadi menurut Anda lebih mudah mengakses sebuah situs dengan menggunakan domain ataukah melalui IP Address?

Pengertian Domain

Domain adalah sebuah nama yang diberikan secara unik untuk mempermudahkan dalam mengakses sebuah server komputer pada suatu jaringan yang dinamakan internet, hal ini bertujuan untuk mempermudahkan seseorang untuk mengakses sebuah situs online.

Dengan menggunakan domain maka kita tidak perlu lagi susah-susah mengingat IP Address hanya untuk mengakses sebuah alamat situs online. Tidak terbayang juga betapa susahnya jilakau kita mengingat situs seperti Google, Facebook, dan Twitter melalui IP Address (seperti contoh yang Saya berikan diatas), pastinya akan pusing sekali ya.

Fungsi Domain

Tidak lain dan tidak bukan fungsi dari sebuah domain adalah mempermudahkan seseorang dalam mengakses sebuah situs Online tanpa harus berpusing-pusing untuk mengingat sebuah IP Address.

Adapun fungsi lainnya yang bisa ditambahkan, yaitu menjadikan sebuah nama domain sebagai brand entitas, produk, dan lain sebagainya. Misalnya saja domain Zara.com yang mana menggunakan domain sesuai dengan brand produk fashion yang dimilikinya, sebenarnya hal tersebut bukanlah fungsi sebuah domain akan tetapi lebih tepatnya adalah pemanfaatan nama domain yang sesuai dengan brand atau merek suatu produk.

Cara Kerja Domain

Domain merupakan sebuah alamat sebuah situs yang mengantarkan kita kepada sebuah situs. Lah kok tambah bingung Saya? Tidak perlu bingung karena sebuah alamat situs dan situs itu sendiri memiliki suatu keterikatan namun jelas berbeda artinya. Ibarat sebuah alamat rumah dan rumah apakah keduanya ini punya arti yang sama? Jelas tidak, alamat merupakan sebuah arahan (atau bisa dikatakan jalan) untuk mengakses tempat atau lokasi dan rumah adalah sebuah objek atas tempat tersebut.

Domain memiliki sebuah name server (NS) atau bisa disebut juga dengan domain name server (DNS). Name sever merupakan media penghubung antara domain dan hosting, ketika kita mengakses sebuah situs online menggunakan domain maka otomatis akan menghubungkan kita dengan segala data/file pada hosting yang bakal termuat secara visual pada browser Anda.

Jenis-jenis Domain

Perlu diketahui bahwanya domain hanya sebuah nama situs namun yang akan dibahas pada point ini adalah ekstensi nama domain (domain extention). Pada umumnya terdapat 2 jenis domain yang perlu Anda ketahui, yang pertama adalah Top Level Domain (TLD) dan country code Top Level Domain (ccTLD).

1. Apa itu Top Level Domain (TLD)?

TLD merupakan sebuah ekstensi domain yang dapat digunakan secara umum dan dapat digunakan oleh siapa saja. Contoh dari ektensi domain TLD seperti .COM, .NET, .ORG, dan .INFO namun perlu diketahi bahwasanya masing-masing jenis ekstensi domain memiliki maksud dan tujuan tersendiri, misalnya saja ekstensi (1) .COM digunakan untuk kepentingan komersial, (2) .NET digunakan untuk situs-situs yang berhubungan dengan networking dan IT, lalu (3) .ORG digunakan untuk kepentingan organisasi, dan (4) .INFO digunakan untuk situs online yang memberikan suatu informasi (informasi disini tidak terbatas pada hal apapun).

2. Apa itu country code Top Level Domain (ccTLD)?

ccTLD merupakan sebuah ekstensi domain yang dapat digunakan secara terbatas dan dipengaruhi oleh lokasi tempat tinggal. Country code disini mengartikan bahwasanya domain tersebut terbatas hanya pada suatu negera tertentu dan pastinya masing-masing negara memiliki ccTLD, misalkan saja negara Indonesia memiliki ccTLD seperti .CO.ID, .AC.ID, .ID dan ekstensi lain yang berakhiran dengan .ID.

Perbedaan Domain dan Name Server

Sama halnya dengan yang telah Saya sampaikan diatas bahwasanya domain adalah sebuah alamat untuk mengakses sebuah situs dan name server sebuah nama server yang menghubungkan domain dengan sebuah hosting. Hosting disini bisa diartikan sebuah rumah oleh karena itu tanpa sebuah name server maka domain hanya sebuah alamat yang memiliki tempat kosong.

Hubungan Domain dan Hosting

Pada umumnya sebuah domain terhubung dengan hosting melalui name server. Hubungan domain dan hosting sangat berkaitan antara satu dan yang lain, tentu saja kita tidak bisa menggunakan salah satunya saja. Jika hanya mengakses sebuah domain tanpa adanya hosting maka tidak akan ada data yang termuat pada browser Anda dan juga sebalikya jika hanya mengandalkan hosting maka tidak ada sebuah alamat yang dapat mengakses segala data yang berada pada hosting tersebut.

Belum Ada Komentar
Formulir Komentar
Bantu kami dalam menilai kualitas dari artikel atau panduan diatas.