Apa Itu IP Address?

Last Updated 0 Comments

Agar dapat terhubung dengan jaringan internet ataupun suatu server maka dibutuhkanlah sebuah IP Address. Pada halaman ini akan menjelaskan mulai dari pengertian, fungsi, cara kerja, dan juga macam-macam IP Address.

ip address

Pada masa sekarang, sangatlah mudah mencari berbagai macam informasi. Semua informasi ini dapat diakses dengan mudah dan cepat melalui situs internet atau website. Tapi agar situs internet tersebut bisa dibuka, butuh beberapa jenis perangkat seperti komputer, smartphone, dan sejenisnya.

Selain itu, yang tidak kalah penting, terdapat sebuah komponen khusus yang juga memiliki peranan penting dalam kegiatan pencarian informasi melalui internet, yaitu Internet Protocol Address yang sering disingkat dengan nama IP Address. Lalu, apakah IP Address itu? Berikut ini penjelasannya.

Pengertian IP Address

IP Address merupakan sebuah perangkat yang dirancang secara khusus agar setiap komputer dan perabot gadget lain seperti smartphone bisa terhubung dengan jaringan internet. Bentuknya deretan atau susunan angka. Masing-masing angka ini tidak sama pada setiap perabot dan bisa digunakan untuk berkomunikasi.

Sebelumnya perlu dipahami bersama lebih dulu, jika semua website atau situs internet itu adalah sebuah kumpulan data dan file yang diaktifkan melalui server hosting. Selain menjadi bagian dari perangkat komputer dan gadget, server hosting memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan data.

Karena itu, setiap website pasti selalu mempunyai IP Address yang berbeda-beda. Contohnya kode angka 74.125.224.72 merupakan IP Address yang dimiliki dan dipakai oleh situs pencarian data Google.

Jika dianalogikan, penjelasan sederhananya seperti ini. Saat ini makin banyak orang yang memakai dan memanfaatkan media sosial di internet untuk berkomunikasi. Tetapi pada sisi yang lain mereka masih mempunyai sekaligus memakai nomor telepon dengan tujuan yang sama.

Dari contoh ini kemudian bayangkan, pengguna komputer adalah sebagai perabot komputer atau benda gadget lainnya, sedangkan IP Address adalah nomor telepon tersebut. Dari sini pasti menjadi lebih mudah memahami pengertian IP Addres sebagaimana yang dijelaskan di atas.

Manfaat Dan Kegunaan IP Address

Seperti yang sudah diulas sebelumnya, IP Address harus selalu ada di setiap perangkat komputer dan gadget yang dipakai untuk mengaktifkan jaringan internet. Tujuannya adalah agar bisa saling berhubungan antara yang satu dengan yang lain. Bukan itu saja, IP Address masih memiliki fungsi dan kegunaan yang lain.

Tidak hanya mempunyai peranan yang hampir sama dengan nomor telepon, IP Address juga dapat disamakan dengan nama seseorang beserta alamat tempat tinggalnya. Di sini perlu dijelaskan lagi, IP Address adalah sebuah identitas bagi perangkat gadget di suatu jaringan internet.

Sehingga, setiap pemilik dan pengelola website dapat mengetahui semua IP Address yang pernah mengakses dan membuka website miliknya tersebut. Kondisi semacam ini juga bisa terjadi meski jaringan yang digunakan adalah jaringan Wifi.

Fungsi lainnya dari IP Address adalah sebagai alamat untuk pengiriman data di perangkat gadget. Misalnya jika ada yang membuka dan mengakses suatu website, pasti akan terdapat pula proses pengunduhan beserta pengambilan data. Proses ini bisa berlangsung karena adanya IP Address.

Cara Kerja IP Address

Tidak jauh berbeda dengan pemakaian teknologi internet lainnya, sistem dan cara kerja IP Address juga memiliki beberapa tahapan. Pada tahap pertama, pengguna internet akan memasukan file di browser dalam bentuk alamat URL. Setelah itu, data tersebut akan dikirimkan ke ISP atau Internet Service Protocol dalam bentuk yang berbeda, yaitu Segment.

Selanjutnya Segment ini akan dirubah lagi melalui protocol IP dan menjadi sebuah Datagram. Dari sini kemudian ISP akan mengirimkan lagi Datagram tersebut menuju area penyelesaian. Kemudian Segment langsung memunculkan respon terbaru dalam bentuk pengiriman ACK (SYN) flag atau synchronisation ke perangkat gagdet.

Setelah menerima kiriman ACK (SYN) flag, gadget langsung mengirim balik dan mengasih tahu pada host lainnya jika koneksi sudah dibuat memakai IP Address. Selanjutnya IP Datagram masuk ke Network Acces layer dan menyerahkannya ke perangkat software yang didesain dalam bentuk antar muka melalui physical network.

Pada tahapan berikutnya, data frame akan dikonversikan sehingga menjadi aliran bit-bit atau aliran listrik dan ditransmisikan ke web server melalui media jaringan. Selanjutnya di tahapan akhir, web server mengirim data ke gadget dan browser langsung memunculkan website sesuai permintaan.

Perbedaan IP Shared Dan IP Dedicated

Ada beberapa versi atau jenis IP Address dan diantaranya adalah IPv4, IPv6, IP Publik, IP Privat, IP dinamis dan IP statis. Masing-masing dari IP ini mempunyai kelebihan dan nilai kegunaan yang berbeda-beda. Contohnya IP publik, selaras dengan penyebutannya dapat digunakan oleh umum. Contohnya adalah server email, server website dan router Wifi.

Beda dengan IP Privat, lebih sering dipakai untuk hubungan komunikasi di jaringan lokal. Contoh dari IP ini adalah smartphone, laptop dan komputer. Setiap device bisa saling berkomunikasi pada jaringan internet, namun sifatnya hanya lokal saja seperti LAN (Lokal Area Network).

Kemudian khusus untuk pengguna internet yang mengaktifkan lebih dari satu situs atau website, terdapat dua jenis atau versi IP Address yang bisa dipergunakan oleh server web hosting, yaitu IP Shared dan IP Dedicated.

1. IP Shared

Pada umumnya IP Shared terdapat di server shared hosting, dimana semua pemakainya akan saling berbagai atas segala sumber daya yang terdapat pada server tersebut. Hal ini juga berlaku terhadap IP Adress-nya. Bahkan semua domain yang dimiliki oleh seorang pemakai selalu menggunakan alamat IP yang tidak berbeda.

2. IP Dedicated

Kemudian untuk IP Dedicated, justru digunakan secara bersama-sama oleh pemakai pada sebuah server. Jadi IP Dedicated ini hanya bisa dimanfaatkan bagi satu domain saja. Meski demikian tidak sedikit penyedia jasa layanan web hosting yang bersedia mengasih izin bagi pelanggannya untuk memakai IP Dedicated di server shared hosting.

Semoga penjelasan terkait dengan pengertian IP Address beserta fungsinya di atas bisa bermanfaat bagi semuanya. Terutama bagi yang berkecimung di dunia teknologi informasi.

Belum Ada Komentar
Formulir Komentar
Bantu kami dalam menilai kualitas dari artikel atau panduan diatas.