Apa Itu Webmail?

Last Updated 0 Comments

Web Email atau biasa disebut juga dengan Webmail, merupakan suatu layanan yang dapat mengelola email. Lantas apa sih itu Webmail? Lebih baik mari kita simak penjelasan detail seputar Webmail dibawah ini.

webmail

Meski tidak semuanya, tapi banyak pengguna internet yang tiap hari selalu menggunakan Webmail dengan berbagai macam tujuan. Apalagi bagi pebisnis, kegiatan semacam ini seringkali dilakukan untuk melancarkan dan mengembangkan bisnisnya terutama dalam urusan pemasaran produk atau marketing online.

Meski demikian, di balik itu semua banyak yang kurang mengetahui pengertian dari Webmail itu sendiri. Apalagi saat dikasih pertanyaan tentang sistem dan cara kerjanya, hampir bisa dipastikan sebagian besar tidak mampu memberikan jawaban secara tepat dan benar.

Pengertian Webmail

Web Email alias Webmail adalah suatu layanan email yang ada di channel website dan bisa diakses melalui browser seperti Opera, Google Chrome, Mozilla Firefox, dan sebagainya. Webmail ini merupakan salah satu kategori website atau klien email dan memakai halaman di website untuk media mengelola surat elektronik atau email.

Penggunaan fasilitas ini ada yang tidak membutuhkan perangkat lunak atau software tertentu, tapi ada pula yang menggunakannya. Pemanfaatannya bisa dilakukan melalui beberapa konfigurasi dan aksesnya dapat dilakukan dari perangkat komputer yang tidak sama secara langsung, bahkan tidak perlu melakukan proses setting atau install ulang.

Meski demikian, aksesnya tetap harus menggunakan fasilitas internet, sebagaimana kegiatan lain yang dilakukan secara online. Apalagi ketika ingin mengecek, membuka dan membaca email yang masuk atau sebaliknya meneliti kembali email keluar yang pernah dikirim.

Selain itu Webmail juga bisa diartikan sebagai sebuah layanan internet yang dapat dipakai untuk mengirim dan sebaliknya menerima email di suatu jaringan server yang sama. Perangkat ini punya kemampuan mengumpulkan dan mengolah serta mengirim informasi maupun data dalam bentuk email melalui domain email.

Setidaknya ada tiga macam protocol terpenting yang harus tersedia dalam penggunaan Webmail. Pertama adalah SMPT atau Simple Mail Transfer Protocol dan yang kedua POP3 atau Post Office Protocol V3. Sedangkan yang ketiga adalah IMAP SMTP atau Internet Message Accsess Protocol SMTP.

Manfaat Dan Kegunaan Webmail

Dengan adanya fasilitas Webmail, pengguna internet dapat mengatur email miliknya secara lebih bebas dan leluasa. Selain itu melalui beberapa fiturnya, Webmail ini bisa dipakai untuk melakukan beberapa kegiatan lain misalnya chatting. Bukan itu saja, jika ada update terbaru di inbox atau kotak masuk, bisa langsung diketahui meski tanpa perlu melakukan pengecekan secara manual.

Terlebih lagi jika pemakaian Webmail tersebut tidak memakai aplikasi atau software. Layanan ini bisa dibuka di mana saja sepanjang memiliki koneksi internet. Namun harus selalu diperhatikan di sini, apabila pembukaannya dilakukan melalui fasilitas umum misalnya warnet harus lebih berhati-hati untuk menghindari terjadinya peretasan atau kasus pencurian data.

Cara Kerja Webmail

Webmail menjalankan fungsinya melalui suatu mail server yang terbagi menjadi dua jenis server. Untuk server pertama, disebut outgoing server atau sending email dan dikelola oleh server SMTP di port 25. Sedangkan server kedua dinamakan incoming server dan dikelolah oleh POP3 di port 110 atau IMAP di port 143.

Bagi yang belum mengetahui, port merupakan suatu konektor atau penghubung yang mempunyai fungsi sebagai pembuka maupun penutup koneksi, akses, transmisi dan distribusi data dari sebuah perangkat gadget misalnya komputer ke perangkat gadget atau jaringan lainnya.

Kemudian untuk proses pengiriman beserta penerimaan email-nya sendiri, selalu bervariasi sesuai jenis aplikasi dan program yang digunakan. Namun secara garis besar akan diawali dengan proses pengiriman oleh pihak pengirim atau sender. Setelah itu, disimpan dan dikumpulkan dalam sebuah file di database mail server.

Pengelompokan tersebut disesuaikan menurut tujuan atau kepada siapa email dikirim. Dalam hal ini, setiap pengiriman email selalu dicantumnya beberapa informasi penting, khususnya waktu dan tanggal pengiriman.

Kemudian jika pihak penerima atau receiver membuka atau membaca email yang diterima maka artinya si penerma tersebut sudah melakukan akses mail server dan membuka pesan maupun file yang sebelumnya tersimpan di database mail server. Keberadaan pesan atau file dalam email ini, selalu ditampilkan melalui browser atau aplikasi khusus yang digunakan oleh penerima.

Ilustrasi (Contoh) Dari Penggunaan Webmail

Saat ini banyak sekali layanan Webmail yang dapat digunakan secara gratis. Namun yang paling populer di seluruh dunia di masa sekarang adalah Google Mail atau Gmail. Sebagian besar pemakai email selalu memilih layanan yang disediakan oleh Google ini karena mempunyai kapasitas sangat besar untuk menyimpan data.

Jika file atau data yang akan dikirim atau sebaliknya diterima memiliki ukuran besar melalui fitur attachment, oleh Gmail biasanya langsung dikoneksikan ke fasilitas layanan lainnya yaitu Google Drive. Sistem seperti inilah yang menjadi salah satu keunggulan utama dari layanan Webmail milik Google tersebut.

Bahkan akun email-nya bisa dihubungkan langsung ke beberapa layanan lain. Terutama Youtube, Google doc, Google Drive, blogger dan sebagainya. Dalam batasan tertentu, semua jenis layanan ini bersifat gratis. Misalnya untuk Google Drive, batas penyimpanan datanya mencapai 15 GB.

Selain itu, ada Yahoo Mail milik Yahoo Group. Meskipun kurang begitu populer dibanding Google Mail, namun jumlah penggunanya cukup banyak di seluruh dunia. Apalagi selain gratis, fitur yang disediakan juga lengkap dan mudah digunakan atau dioperasikan. Demikian pula dengan fasilitas lain untuk menyimpan data, kapasitasnya juga lumayan besar.

Di luar itu, ada pula Webmail yang menggunakan domain milik sendiri. Namun biasanya layanan semacam ini sifatnya tidak gratis. Sehingga pemakainya harus menyediakan anggaran khusus jika ingin memanfaatkannya. Tapi meski memerlukan biaya, sangat bagus untuk membantu kelancaran usaha bahkan proses pendidikan di sekolah.

Dari semua penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa Webmail merupakan sebuah cara terbaik untuk mengirim dan membuka email. Apalagi jika kegiatan tersebut dilakukan setiap hari dengan berbagai macam tujuan misalnya untuk bisnis atau pendidikan.

Belum Ada Komentar
Formulir Komentar
Bantu kami dalam menilai kualitas dari artikel atau panduan diatas.